HUTAN YANG RUSAK DI INDONESIA MENCAPAI 300.000 HEKTAR PER TAHUN


Kerusakan hutan tahun 2012 di Indonesia mencapai 300 ribu hektare per tahun. Sedang kurun waktu 2006 - 2010 kerusakan hutan mencapai 2 juta hektare per tahunnya.

"Saya tidak tahu penurunan kerusakan hutan ini apakah adanya kesadaran masyarakat atau hutan kita sudah habis," kata Prof Edy Suandi Hamid, di sela-sela penanaman 1.000 pohon di lingkungan Kampus Terpadu UII di Sleman, DIY, Selasa (12/2).

Lebih lanjut Edy mengatakan kerusakan hutan periode 1997-2006 mencapai 3,5 juta hektare per tahun. Akibat berkurangnya hutan mengakibatkan jika musim hujan kebanjiran dan kekeringan di musim kemarau.

Untuk mengembalikan hutan, UII Yogyakarta mempelopori penanaman pohon di lingkungan kampus bersama masyarakat sekitar kampus. Penanaman pohon menjelang milad UII ke 70 baru pertama kali dilakukan dan ke depan setiap tahun akan dilakukan penanaman setiap milad. "Siapa pu rektornya di masa depan UII harus melakukan penanaman pohon setiap tahun," katanya. 

Selain itu, UII Yogyakarta juga akan menggalakkan penanaman pohon bagi mahasiswa barunya. UII memiliki 4.500 mahasiswa baru sehingga ada 4.500 pohon yang bisa ditanamnya. "Kalau seluruh kampus di Indonesia menanam pohon maka ada jutaan pohon ditanam setiap tahunnya," katanya.

Sementara Koordinator Penanaman 1000 pohon UII, Fitri Nugraheni mengatakan pananaman pohon ini di maksudkan untuk mencegah terjadinya bahaya banjir dan tanah longsor.
"Memang Kampus UII Terpadu berada di dataran tinggi sehingga penanaman pohon ini tidak hanya untuk UII, tetapi bisa melindungi bahaya banjir bagi daerah di bawahnya," kata Fitri.

Selain itu, kata Fitri, gerakan ini untuk mendukung upaya pemerintah untuk menanam satu miliar pohon. Penanaman pohon ini juga merupakan tindak lanjut untuk memperkokoh  UII Green Campus. UII telah mendapatkan penghargaan Green Campus pada Indonesia Green Awards 2012 yang diselenggarakan La Tofi School of Corporate Social Responsibility (CSR) tahun 2012 lalu.

"UII menjadi salah satu penerima awards karena dinilai memiliki komitmen dan giat mengembangkan pelestarian alam yang berkelanjutan," tandas Fitri.

http://www.republika.co.id

Artikel Terkait :

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer

Daftar Blog